Perancangan Corporate Identity Kampoeng Banyumili di Desa Gedangan

Dimas Prastowo Aji, Peni Pratiwi, Birmanti Setya Utami

Abstract


Kampoeng Banyumili adalah salah satu tempat wisata tergolong baru yang terletak di Jl. Raya Muncul-Salatiga KM.5 Desa Gedangan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang belum menerapkan Corporate identity secara konsisten. Terdapat 3 logo berbeda yang dipakai di area Kampoeng Banyumili dan dipakai bersammaan. Corporate identity merupakan hal yang penting untuk menunjukkan citra yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Dalam perancangan Corporate identity perlu adanya riset yang mendalam kepada klien agar sesuai dengan citra yang diinginkan dan mudah dalam memadukan bentuk logo, warna, tipografi, dan elemen grafis sehingga sesuai dengan konsep yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis SWOT dan target audience pada perancangan Corporate identity Kampoeng Banyumili di Desa Gedangan, konsep bentuk, warna, tipografi, dan elemen grafis memberikan kesan alami, simpel, elegan, dan kebersamaan. Hasil perancangan berupa logo dan elemen grafis sebagai identitas serta media pendukung dapat membantu Kampoeng Banyumili dalam mengenalkan citra dan identitas sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengingat juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat

Kata kunci : Kampoeng Banyumili, Corporate Identity, Logo, Elemen Grafis


Kampoeng Banyumili is one of many new tourist attraction located in Jl. Raya Muncul-Salatiga KM.5 Desa Gedangan, Kabupaten Semarang, Central Java that haven't implemented a consistent corporate identity. There are 3 different logos that are being used stimultaneously in Kampoeng Banyumili. Corporate identity is important to bring out company's certain image. Deep reaserach on client is a must when designing Corporate identity to match the image a company desired and making it easier to combine logos, colors, typographys, and graphic elements so it will matched the concept. Based on SWOT analysis and target audience on designing Kampoeng Banyumili corporate identity, the concept of shape, color, typography, and graphic elements is to give a natural image, simple, elegant, and togetherness. The design result are logos and graphic elements as an identity and supporting media to help Kampoeng Banyumili introduced the new image and identity to public that is easy to remember and to gain public's trust.

Key Words : Kampoeng Banyumili, Corporate Identity, Logo, Graphic Element


Full Text:

36 - 48

References


Cenadi, Christine Suharto. Corporate Identity, Sejarah dan Aplikasinya. Nirmana 1.2 (Juli1999):71-78.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain LOGO. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.