Proses Kreatif Cover Buku Komik Autobiografi Masmundari dan Damar Kurung Untuk Mengubah Prilaku Pada Remaja

Muhammad Widyan Ardani

Abstract


Siapa yang tidak mengenal sosok tua renta almarhum mbah Masmundari sang creator dari kerajinan unik yang bersejarah di tanah jawa timur tepatnya di daerah gersik yaitu Damar Kurung. Kesenian tersebut memiliki pengaruh kekuatan yang cukup membuat orang dan muda-mudi terkagum-kagum kepada karyanya terutama kalangan anak kecil karena bentuk visual yang sederhana serta goresan warna yang disiratkan oleh si mbah(Masmundari) lebih mengarah kepada gaya naïfisme dekoratif.

Buku  tentang autobiografi visual creator Damar Kurung untuk generasi muda dan remaja, karena memiliki nilai-nilai humanis, religi, moral serta tradisi, sehingga mereka tahu akan nilai-nilai serta kebudayaan yang mereka miliki. Dan diharapkan dengan adanya Autobiografi tentang creator damar kurung ini dapat memecahkan masalah yang diungkapkan sebelumnya oleh penulis.

Pada penelitian ini memperoleh temuan bahwa Autobiografi tentang Masmundari dan Damar Kurung.  adalah elemen penting bagi pembentukan prilaku pada remaja dan dapat menjadi sebuah proses pembelajaran yang ideal untuk anak. Karena dapat mempengaruhi stimulus anak untuk mempelajari dan mengamati lebih dalam tentang tradisi lokal dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya meskipun demikian bahwa karya perancangan(penciptaan) komik edukasi yang belum sepenuhnya sempurna karena membutuhkan kecermatan dalam membuat struktur yang berkesinambungan antara cerita dan audience yang dituju khususnya di daerah jawa timur karena masih dalam tahap pembuatan dan sketsa awal perancanagan Autobiografi tentang Masmundari dan Damar Kurung.


Full Text:

35 - 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.