Kerja Kode dalam Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin

Rizky Noviasri

Abstract


Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran termasuk salah satu iklan yang menarik perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme jumlah penonton di situs berbagi video Youtube yang mencapai puluhan juta dalam waktu singkat. Tingginya antusiasme terhadap iklan ini tidak lain disebabkan karena pesona efek lucu yang disajikan. Dengan menggunakan metode analisis kode berdasar teori lima kode Barthes, peneliti membongkar kerja kode yang menghasilkan efek lucu dalam iklan tersebut. Dari hasil analisis ditemukan bahwa efek lucu muncul karena adanya kesalahan penggunaan  kode, kode ganda, overcoding, dan penggunaan kode baru. Permainan-permainan kode ini merupakan prinsip dari intertekstualitas yang memunculkan idiom kitsch.

Kata kunci : Kode, Iklan, Intertekstualitas, Kitsch


Full Text:

11 - 18

References


Barthes, R. (2002). S/Z. New York: Blackwell Publishing.

Djayadiningrat, D. (Director). (2018). Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran. [Motion Picture].

Eco, U. (2015). Teori Semiotika, Signifikasi Komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi Tanda. Bantul: Kreasi Wacana.

Hutcheon, L. (1995). Historiographic Metafiction. Passionate Doubts : Designs of Interpretation in Contemporary American Fiction. 3-32.

Lubis, A. R., Fachrizal, F., & Lubis, M. (2017). The Effect of Social Media to Cultural Homecoming Tradition of Computer Student in Medan. 4th Information System International Conference (pp. 423 - 428). Bali: Elsevier B.V.

Piliang, Y. A. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika. Bandung: Matahari.

Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks: Sebuah Pendekatan Analisis Teks. Jurnal mediator , 5, 189 - 198.

Susetyo, B. (2005). Perubahan Musik Rebana menjadi Kasidah Modern di Semarang Sebagai Suatu Proses Dekulturasi dalam Musik Indonesia.

Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni , VI (2).

Venkatesh, S., & Senthilkumar, N. (2015). Effectiveness of Humor

Advertising on Advertising Success. International Journal of Management and Social Science Research Review , 1 (9), 171-179.

Tri Prasetyo, Joko dkk. 1998. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.