Perancangan Pengenalan Profesi untuk Meningkatkan Tingkat Pendidikan Dusun Pucuan Sidoarjo

Masnuna Masnuna

Abstract


Pendidikan merupakan sarana yang penting untuk mewujudkan cita-cita. Salah satu permasalahan yang sering terjadi didaerah terpencil adalah pendidikan. Di daerah terpencil biasanya kesadaran akan pendidikan rendah. Di dusun Pucuan, desa Gebang, Sidoarjo tingkat pendidikan masih sangat rendah. Sebagian anak di dusun Pucuan pendidikannya hanya sampai di tingkat SD. Untuk meningkatkan tingkat pendidikan dibutuhkan dukungan dari orang tua dan dan motivasi yang kuat dari anak itu sendiri. Pendidikan bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, seperti membaca. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan membaca. Perancangan kampanye sosial ini bertujuan untuk mengajak para orang tua dan siswa SDN Gebang untuk peduli dengan pendidikan. Dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara serta metode kuantitatif berupa penyebaran kuesioner. Melalui buku pengenalan profesi diharapkan siswa SDN Gebang termotivasi untuk menggapai cita-citanya dengan cara melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Kata Kunci : Pucuan, Sidoarjo, Kampanye Sosial, Pendidikan, Profesi 


Full Text:

19 - 34

References


Halidjah, Siti. 2011. Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, IX (1), 1-9.

http://www.totalgiftsindonesia.com/pentingnya-memiliki-merchandise-perusahaan-untuk-romosi/

https://belumdibranding.wordpress.com/2014/03/19/5-gsm-logo/

https://www.kompasiana.com/lemuriano/5518eb7281331143729de0b2/pentingnya-sebuah-jingle

https://rimbayana.wordpress.com/2014/11/04/film-dokumenter-pengertian-dan-jenisnya/

Jainiyah, Siti. 2015. Penerapan Strategi DRTA Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. JPGSD, III (1), 1-7.

Susanti, Eti., Sri Hardianti, Andi. & Nurazizah. 2012. Wisata Profesi; Inovasi Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter. Jurnal PENA, II (1), 207-215.

Saidihardjo. 1988. Sentuhan Pendidikan Bagi Anak Kurang Beruntung Di Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, VII (3), 68-84.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.