Rancang Bangun Sistem Informasi dan Monitoring Level Stress Penderita Diabetes Millitus (DM) Berbasis Android

Enny Indasyah, Alifia Ananta

Abstract


Diabetes Militus (DM) adalah gangguan metabolic berupa serapan insulin yang rendah dan berdampak pada peningkatan konsentrasi glukosa tubuh (hiperglikemia), kerusakan berbagai sistem tubuh dan akan mengalami situasi ketegangan psikologis, karena secara psikologis penderita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang mungkin menjadi stressor psikologis. Stress yang dialami penderita diabetes mellitus akan memberikan dampak yang lebih parah bagi penderita karena pada dasarnya stress yang dialami akan menyebabkan terganggunya sistem endokrin (hormonal) salah satunya adalah semakin meningginya kadar gula darah, dampak lainnya yang berkaitan dengan stress yang dialami adalah munculnya reaksi perilaku negatif yang tidak disadari oleh individu. Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk membantu penderita diabetes mellitus memiliki kemampuan dalam memonitoring tingkat stress  sehingga akan menjaga pola kehidupannya agar tidak semakin parah. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuisioner dari DASS ( Depression Anxiety Stress Scales) 42 untuk memonitoring level stress (normal, ringan, sedang, berat, sangat berat) menggunakan aplikasi mobile. Pengambilan data sebanyak 30 pasien di Puskesmas Desa Cerme kidul, Gresik, jawa timur Indonesia. Hasil penelitian  dapat disimpulan bahwa rata-rata tingkat stress pasien diabetes di desa cerme kidul adalah 97 % normal, dan 3 % stress ringan.

Kata kunciDiabetes Millitus, DASS 42 Scale , Level Stres, Aplikasi Mobile



Full Text:

PDF

References


International Diabetes Federation (IDF),2017

Jenita DT Donsu,M.Noor Rochman Hadjam, Rahmat Hidayat,Ahmad Husain Asdie.(2014) Peran Faktor-faktor psikologis terhadap depresi pada pasien Diabetes Millitus Tipe 2. Jurnal Psikologi.Volume 41, No. 1, Desember 2014: 241 – 249

Fuji Rahmawati, Elsa Pudji Setiawati, Tetti Solehati.2014. Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2.

Niken Fitria Astuti.(2013). Hubungan Tingkat Stres Dengan Penyembuhan Luka Diabetes Melitus Di Rsud Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Mhd. Zainuddin, Wasisto Utomo, Herlina.(2015). Hubungan Stres Dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. JOM Vol 2 No 1, Februari 2015

Fitriana Nursinta Sihotang.(2011). Hubungan antara Hardiness dan Emotional Intelligence dengan Stres pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa.

Rifki Indra Perwira.(2014). Purwarupa Sistem Pakar untuk Menentukan Jumlah Kalori Diet bagi Penderita Diabetes Mellitus.Telematika vol.10, No 2, Januari 2014 :79-90

Fauzan Masykur.(2012). Implementasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Mellitus Menggunakan Metode Fuzzy Logic Berbasis Web.

Denok Puspitasari.Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Dan Mobile.

Maherni Ngadiyaningsih.(2013). Implementasi Sistem Pakar di Bidang Kedokteran untuk Mendiagnosa Kanker Kandungan Menggunakan Metode Certainty Factor.

Fauzan Masykur. Implementasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Mellitus Menggunakan Metode Fuzzy Logic Berbasis Web.

Lovibond, S.H.; Lovibond, P.F. (1995). Manual for the Depression Anxiety Stress Scales (2nd ed.). Sydney: Psychology Foundation (Available from The Psychology Foundation, Room 1005 Mathews Building, University of New South Wales, NSW 2052, Australia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.