Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Flipping Book

Sonhaji Arif

Abstract


Media pembelajaran idealnya harus mampu memberikan kesempatan kepada pembaca untuk membangun pengetahuannya sendiri. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa (media tunggal dan multimedia) telah memberi kontribusi yang signifikan. Khusus media dalam format multimedia telah memainkan peranan penting dalam dunia pendidikan. Penggunaan multimedia yang menggunakan visualisasi menarik dapat membantu pemahaman siswa, serta memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar, yang pada akhirnya dapat memberikan solusi pada permasalahan pendidikan.

Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk, 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu, kelompok kecil. Hasil pengembangan media “Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Buku Digital Flipping Book” sebagai media penunjang pembelajaran seni budaya memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai 83,5 %, ahli materi 81%, kelompok kecil 84,5%.

Penggunaan flipping book sebagai media pembelajaran dapat menyampaikan informasi lebih baik dari pada buku konvensional. Hal ini dikarenakan flipping book merupakan multimedia yang dapat menyampaikan berbagai macam informasi dengan berbagai media seperti video, animasi, musik.

Kata Kunci : Multimedia, Flipping Book, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.