MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG SEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 BOJONGGEDE BOGOR

Suryadi Suryadi

Abstract


Abstract

Learning in the classroom needs innovation. Improved learning outcomes need to be improved. But students still have not explored their abilities. This happens because metoe is not suitable. Students tend to get bored quickly. Fun learning will have a positive impact on students, because it will bring students to a memorable learning experience. The purpose of this study was to determine the learning model Picture and Picture types can improve student learning outcomes in Geography subjects about the burden of flora and fauna in Indonesia and the World in class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bojonggede Bogor Regency Semester 1 2018/2019 Academic Year. The type of research used is classroom action research (CAR). The number of samples was 36 students of class XI. The results showed the picture to picture method can improve learning outcomes in Geography subjects, especially the distribution of flora and fauna in Indonesia and the World in class XI IPS 1 in SMA Negeri 1 Bojonggede, Bogor Regency before using the picture and picture type learning model which has an average value of 61 , 39. When learning is changed using the picture and picture type learning model, the average student learning outcomes increase to 70.14 in the first cycle and 77.97 in the second cycle.

Keywords: Method, picture to picture, learning outcomes

 

Abstrak

 

Pembelajaran dalam kelas perlu adanya inovasi. Peningkatan hasil belajar perlu ditingkatkan.Namun para siswa masih belum menggali kemampuan mereka. Hal ini terjadi kaena metode yang belum sesuai. Siswa cenderung lekas bosan. Pembelajaran yang menyenangkan akan berdampak positif  bagi peserta didik, karena akan membawa peserta didik pada pengalaman belajar yang mengesankan.  Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui model pembelajaran tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran Geografi tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dan Dunia di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang gunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).. Jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan metode picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar  mata pelajaran Geografi khususnya materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan Dunia di kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor sebelum menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture mempunyai nilai rata-rata 61,39. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture, rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 70,14 pada siklus I dan 77,97 pada siklus II.

Kata Kunci : Metode,  picture to picture, Hasil belajar

      

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri, dkk (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2016. Kumpulan Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Satu Nusa. Bandung

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Intruktur SD/MI Propinsi Jawa Barat, 2002, Bahan Pelatihan Profesionalisme Guru SD/MI Tingkat Kabupaten, Bogor, Disdik Kabupaten Bogor

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep Dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Hernawan. (2010).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

https://idtesis.com/ips-geografi/

Huda, M. (2014). Model –Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Jauhar M. (2011), Implementasi Paikem, Jakarta, Prestasi Pusaka

Musfiqon (2011), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Muslihuddin (2011), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press

Muhamamd Numan Somantri, 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung, Rosda

Ngalimun, 2015, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah., Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Standar proses untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Slameto, (2007), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suprijono, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Susilawati, (2012), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan.

Sofiraeni, Hj. Renny. (2004). Model-Model Pembelajaran. Bandung: LPMP.

Trianto, 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Konstruktifistik, Jakarta, Prestasi Pustaka

Udin. S. Winataputra, dkk. (2008).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Uni

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Sutarto Dkk, 2013, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, CV. Kemilau Ilmu Semesta

Undang-Undang Nomor Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019,

March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S.

(2019). Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.

Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode

Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Khazanah Pendidikan, 11(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.