PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PENDAPATAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BOJONGGEDE BOGOR

Delfinar Delfinar

Abstract


This study aims to describe the process of improving student learning outcomes about national income before and after using a cooperative learning type jigsaw model. The study was conducted at SMAN 1 Bojonggede Bogor in class XI IPS. The research method used classroom action research methods. The stages of the study included pre-cycle, cycle 1 and cycle 2. The number of samples was 34 students. The results showed that there was an increase in student learning activities and learning outcomes on national income material in class XI by using a cooperative learning type jigsaw model. The use of this model in learning makes students not bored and bored otherwise feel happy so that their learning activities increase. In the first cycle there were 61.76% or 21 active students 23.29% or 8 students who were quite active and 14.71% or 5 students who were less active during learning. After the teacher improved the results of reflection in the first cycle then in cycle II it was found 91.18% or 31 active students during learning and 8.82% or 3 students who were quite active during learning and 0.00% or no participants students who are not active during learning. This affects the learning outcomes achieved by students. Learning outcomes in economic subjects, especially national income material in class XI IPS 2 in state high schools before using the cooperative learning type jigsaw model has an average value of 63.24. When learning is changed using a cooperative learning type jigsaw model, the average student learning outcomes increase to 77.5 in the first cycle and 89.41 in the second cycle.

Keywords: Cooperative Learning Jigsaw, Economics, Learning Outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik  tentang pendapatan nasional sebelum dan sesudah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bojonggede Bogor pada kelas XI IPS.Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian meliputi pra iklus, siklus 1 dan siklus 2. Jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pendapatan nasional di kelas XI dengan menggunakan model cooperatif learning type jigsaw

Penggunaan model ini dalam pembelajaran membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat.  Pada siklus I ada 61,76% atau 21 peserta didik yang aktif 23,29% atau 8 peserta didik yang cukup aktif dan 14,71% atau 5 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 91,18% atau 31 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 8,82% atau 3 orang peserta didik yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik.

Hasil belajar mata pelajaran ekonomi khususnya materi pendapatan nasional di kelas XI IPS 2 di SMA Negeri sebelum menggunakan model cooperatif learning type jigsaw mempunyai nilai rata-rata 63,24. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw, rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 77,5 pada siklus I dan 89,41 pada siklus II.

Kata Kunci: Cooperatif  Learning jigsaw, Ekonomi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK (Cetakan ke-6). Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Depdikbud. (2007). Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Pertama. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, dkk. (2006). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Model, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Musfiqon (2011), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Muslihuddin (2011), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah., Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Standar proses untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Silberman,Mel.2009. Active Learning 101 Strategi Belajar Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiyanto.2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suprijono, Agus.2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas

Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

secara Banar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Sari, Dwi Erlina. 2017. “Penerapan Strategi Aktif Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Bela`jar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Bebekan Taman Sidoarjo”. Skripsi Jurusan PGSD Universitas Negeri Surabaya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya (Cetakan ke-6). Bandung: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke-18). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Cetakan ke-4). Bandung: PT. Refika Aditama.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika.

Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan ke-4). Jakarta:

Prenadamedia Group.

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019,

March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S.

(2019). Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.

Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode

Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Khazanah Pendidikan, 11(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.