PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KALIPECABEAN

Ika Putri Rachmawati, Arie Widya Murni

Abstract


This study aims to describe teacher activities, student activities, and student learning outcomes. The background of this research is the low learning outcomes of students on science in the material Earth and the Universe in the fifth grade of the Kalipecabean Elementary School in Candi, Sidoarjo. This happened because the teacher has not used creative learning media. This study is a Classroom Action Research (CAR) using quantitative and qualitative analysis. The instruments used are measurement of teacher activity, measurement of student activity, and learning outcomes sheets. Data collection technique using observation and testing method. The results showed that teacher activities increased from pre-cycle by 43.27%, the first cycle is 67.41%, and the second cycle is 81.70%. The student activities also increased from per cycle by 34.62%, the first cycle is 59.83%, and the second cycle is 84.82%. The student learning outcome increasedfrom per cycle by 0%, first cycle is 55%, and second cycle is 90%. This result showed that the application of cross puzzle media can increase teacher activities and student activities, therefore student learning outcomes can increase. It is expected that with the increase in teacher activities, student activities, and the crosspuzzle learning outcome can be an alternative learning media which can solve problem in the classroom.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (edisi revisi. Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Diniati, Jaiyaroh, & Khotimah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (edisi revisi. Cetakan 17). Jakarta: Rajawali Pers.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Januari, Trian Sukma. 2015. Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Sukorejo I Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan 1). Yogyakarta: Shira Media.

Mustofa, Sunyaruri Syahnas. 2017. Penggunaan Media Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgoketo 01 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Pinto, Laura E, Spares, Stephanie, Driscoll, Laura. 2014. 95 Strategi Pengajaran: Ide-Ide Remodeling Pelajaran Yang Mengacu Ke Kurikulum Inti (Cetakan 1). Jakarta: PT Indeks.

Priyono, Sayekti, Titik. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar (Cetakan 7). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah, Linda Agustina. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Rantika & Abdulah. 2015. “Kerangka Teori”. Dalam Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. No. 184 (Januari, Vol. 01). Sumatra Selatan.

Retno, Nuriman, & Agustiningsih. 2015. “Pendahuluan”. Dalam Penggunaan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015. No. 01 (Vol 1). Jember.

Rosanti, Maya Aprilia. 2015. Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Awan dan Cuaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Hal. 24. (Online). (http://lib.unnes.ac.id, diakses 4 April 2018).

Rositawaty, S, Muharam, Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Sapriati, Amalia. 2014. Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD (Cetakan 16). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan 18). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, Sukarno. 2010. Ilmu Penetahuan Alam untuk kelas5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Taufiq, Hera, & Puji. 2011. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD (Cetakan 3). Jakarta: Universitas Terbuka.

Utari, Riani Dwi. 2015. Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Index Card Match (ICM) pada Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. No. 1 Hal. 127 (Vol 1). Surakarta.

Wisudawati & Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA (Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (edisi revisi. Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Diniati, Jaiyaroh, & Khotimah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (edisi revisi. Cetakan 17). Jakarta: Rajawali Pers.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Januari, Trian Sukma. 2015. Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Sukorejo I Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan 1). Yogyakarta: Shira Media.

Mustofa, Sunyaruri Syahnas. 2017. Penggunaan Media Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgoketo 01 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Pinto, Laura E, Spares, Stephanie, Driscoll, Laura. 2014. 95 Strategi Pengajaran: Ide-Ide Remodeling Pelajaran Yang Mengacu Ke Kurikulum Inti (Cetakan 1). Jakarta: PT Indeks.

Priyono, Sayekti, Titik. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar (Cetakan 7). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah, Linda Agustina. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Rantika & Abdulah. 2015. “Kerangka Teori”. Dalam Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. No. 184 (Januari, Vol. 01). Sumatra Selatan.

Retno, Nuriman, & Agustiningsih. 2015. “Pendahuluan”. Dalam Penggunaan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015. No. 01 (Vol 1). Jember.

Rosanti, Maya Aprilia. 2015. Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Awan dan Cuaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Hal. 24. (Online). (http://lib.unnes.ac.id, diakses 4 April 2018).

Rositawaty, S, Muharam, Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Sapriati, Amalia. 2014. Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD (Cetakan 16). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan 18). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, Sukarno. 2010. Ilmu Penetahuan Alam untuk kelas5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Taufiq, Hera, & Puji. 2011. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD (Cetakan 3). Jakarta: Universitas Terbuka.

Utari, Riani Dwi. 2015. Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Index Card Match (ICM) pada Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. No. 1 Hal. 127 (Vol 1). Surakarta.

Wisudawati & Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA (Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (edisi revisi. Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Diniati, Jaiyaroh, & Khotimah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (edisi revisi. Cetakan 17). Jakarta: Rajawali Pers.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Januari, Trian Sukma. 2015. Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Sukorejo I Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan 1). Yogyakarta: Shira Media.

Mustofa, Sunyaruri Syahnas. 2017. Penggunaan Media Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgoketo 01 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Pinto, Laura E, Spares, Stephanie, Driscoll, Laura. 2014. 95 Strategi Pengajaran: Ide-Ide Remodeling Pelajaran Yang Mengacu Ke Kurikulum Inti (Cetakan 1). Jakarta: PT Indeks.

Priyono, Sayekti, Titik. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar (Cetakan 7). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah, Linda Agustina. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Kompetensi Dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Rantika & Abdulah. 2015. “Kerangka Teori”. Dalam Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. No. 184 (Januari, Vol. 01). Sumatra Selatan.

Retno, Nuriman, & Agustiningsih. 2015. “Pendahuluan”. Dalam Penggunaan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015. No. 01 (Vol 1). Jember.

Rosanti, Maya Aprilia. 2015. Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Awan dan Cuaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Hal. 24. (Online). (http://lib.unnes.ac.id, diakses 4 April 2018).

Rositawaty, S, Muharam, Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Sapriati, Amalia. 2014. Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD (Cetakan 16). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan 18). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, Sukarno. 2010. Ilmu Penetahuan Alam untuk kelas5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Taufiq, Hera, & Puji. 2011. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD (Cetakan 3). Jakarta: Universitas Terbuka.

Utari, Riani Dwi. 2015. Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Index Card Match (ICM) pada Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. No. 1 Hal. 127 (Vol 1). Surakarta.

Wisudawati & Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA (Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.