MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA KELAS III MI DARUL MUTTAQIN SADANG, TAMAN-SIDOARJO

Hikmah Luqiyah Kartikasari, Arie Widya Murni

Abstract


Science learning in third grade Darul Muttaqin Sadang elementary school Taman-Sidoarjo has tended to be monoton because the teacher does not use media in delivering materials. This condition causes the student to be easily bored and passive in learning process. So, the student learning outcome are low. The purpose of this study is to improve teacher activity, student activity, and student learning out comes using media snake and ladders. The research method used is classroom action research (CAR). The research was conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings. The result showed that teacher activity increased from of student increased 55,16% to 92,58%. The result showed that student activity increased from of student increased 77,5% to 88,75%. While the student learning outcome increased from 53,33% to 90%. The use of snake and ladder media game can increase teacher activity, student activity, and student learning outcome in third grade of Darul Muttaqin Sadang elementary school Taman-Sidoarjo.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experinces and Portofolio Development to Accompany Learning to Teach. Boston: McGraw-Hill.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara.

Astiti, Ni Putu Weda Putri. 2017. Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia Kelas V SDN Babatan 1/456 Surabaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Aqib, Zinal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Azwar, Saifuddin. 2012. “Tes Fungsi” Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Abdul. 2013. Pengertian dan macam-macam awan. Tersedia: http://www.softilmu.com/2013/07/pengertian-dan-maca-macam-awan.html?m=1. Diakses pada 29 April 2018.

Hika, Adhak Nuuril. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN I Surabaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Kamala, Izzatin. 2008. Makalah Praktikum Pendidikan IPA, Pengertian Pendidikan IPA dan Perkembangannya. Tersedia: htpps://www.google.com/search?client=ms-opera-mobile&source=hp&ei=j6j_WpP5BoOAvQSC5KPICQ&q=makalah+pembelajaran+ipa. Diakses pada 30 April 2018.

Kawuryan, Purbarini. Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah Dan Pembelajarannya. Tersedia: htpps://www.google.com/search?save=karakteristik+anak+sd+kelas+rendah&oq=karakteristik&gs_l=mobile-gws-wiz-hp. Diakses pada 28 April 2018.

Mufidah, Rifdatul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Human Body Anatomical Apron Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Tubuh Manusia Dan Hewan Di SDN Keboan Anom Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Pratiwi, Whida Erlis. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Glass Eating Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Pada Kelas V SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Pratama, Tedy. 2014. Gambar Ular Tangga Benda Langit Dan Peristiwa Alam. Tersedia: htpps://www.google.com/search?q=ular+tangga+benda+langit+dan+peristiwa+alam. Diakses pada 20 April 2018.

Pujiariani, Asih. 2012. Gambar bagan PTK model kemmis & Mc taggart. Tersedia: htpps://www.google.com/search?q=bagan+ptk. Diakses pada 22 April 2018.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosela, Endah. 2016. Penggunaan Media Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP NEGERI 2 Mlati Sleman Pada Materi System Predaran Darah Manusia. Skripsi Pendidikan Matematika Dan Pengetahuan Alam Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sadiman, Arief. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sapriati, Amalia. 2011. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sari, Indah. 2017. Penggunaan Media Tiem Line Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Sumberwaru Gresik. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhartanti, Dwi. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. “Strategi Pembelajaran” Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyatman. 2009. Asyiknya Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3 Untuk Kelas 3 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Trinugroho, Edi. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Vainkutapali Kuno Yang Disimpan Di Museum Nasional New Delhi. 2016. Tersedia: htpp://www.sejarahdk.com/2016/02/bermain-dengan-ular-tangga-kuno-yang.html. Diakses pada 17 Mei 2018.

Yuaini, Miftachul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Tenggulunan Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.