UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V-A

Eko Sunarso

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran atletik khususnya nomor lompat jauh gaya jongkok, dimana masih banyak siswa yang nilainya (hasil belajar) belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa Kelas V-A SDN Tropodo I  Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas V-A SDN Tropodo I Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 26 siswa dengan komposisi perempuan sebanyak 16 siswa dan laki-laki sebanyak 10 siswa. Dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar atletik materi lompat jauh gaya jongkok pada siswa Kelas V-A SDN Tropodo I  Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan pada masing-masing siklus yaitu  dari persentase ketuntasan belajar hasil tes pada prasiklus yaitu 33%, masuk pada siklus I menjadi 70% dan peningkatan pada siklus II menjadi 100%.


Keywords


atletik lompat jauh gaya jongkok, pendekatan bermain dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Atmasubrata, Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya : Dafa Publishing.

Cholik Mutohir, T. 2012. Gagasan-gagasan tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Unesa University Press:Surabaya

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang system pendidikan nasional

Depdiknas.2015.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan

Munasifah. 2008. Atletik Cabang Lompat. Semarang : Aneka Ilmu.

Nuryono, Agus Budhi Juli Hari dan Pariman. 2010. Penjasorkes. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Saputra, Yudha M. 2013. Dasar-dasar Keterampilan Atletik Pendekatan Bermain Untuk SLTP. Jakarta : Direktorat Jendral Olahraga Simatupang.

Nurhayati. 2005. Bermain Sebagai Upaya Dina Menanamkan Aspek Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Olahraga FIK UNY. Vol 3. Hal 23-31.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati dan Nyata. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.