PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELLAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) SISWA KELAS V-A

Muji Suncoyo

Abstract


Subjek dalam penelitian ini adalah melakukan pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran di kelas V-A  SDN Pucang 1  Kecamatan Sidoarjo  yang terdiri dari 35 orang dengan komposisi siswa perempuan 12 orang dan siswa laki-laki 23 orang.Peneliti mengadakan penelitian terhadap siswa kelas V-A  karena pemahaman dan hasil belajar siswa yamg masih rendah dan belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu dengan nilai mata pelajaran IPS sebesar 76. Dari hasil analisis data evaluasi akhir siklus 1 pada Tabel 4.1, diketahui jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas ketuntasan minimal individu atau ³ 76 adalah 21 (60 %) siswa, dan jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) individu atau < 76 adalah 14 (40 %) siswa. Jika dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimum kelas (KKM) sebesar ³80 %, maka persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 60 % menunjukan bahwa siswa SDN Pucang 1  Kecamatan Sidoarjo  belum tuntas belajar.Dari hasil analisis data evaluasi akhir siklus II pada Tabel 4.2, diketahui jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) individu atau ³76 adalah 32 (91.43 %) siswa, dan jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) individu atau < 76 adalah 3 (8,57 %) siswa. dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas sebesar ³80%, maka persentase ketuntasan kelas pada siklus II sebesar 91,43 % menunjukan bahwa siswa SDN Pucang 1  Kecamatan Sidoarjo  telah tuntas belajar.


Keywords


CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL), IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmad, lif Khoiru dan Amri, Sofan.2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya

Hasibuan, J.J dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Julianto.2011.Model-model Pembelajaran IPA.: Unesa Press

N.K, Roestiyah.2010.Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta

Suparno, Paul.2010. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius

Subroto, Waspodo Tjipto, dan Suhanadji. 2014. Pengetahuan Dasar Ilmu-ilmu Sosial.: Universitas Negeri

Sulhan.2013. Belajar Dan Hasil Evalauasi.Jakarta: PT Rineka Cipta

Trianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Pustakaraya

Trianto. 2012. Model Pembelgjaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.