UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MATERI PENGUASAAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE PENAMPILAN PADA SISWA KELAS V-C

Istihul Jannah

Abstract


Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa dengan diterapkannya metode penampilan? (b) Apakah dengan menggunakan penampilan gerak dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes materi penguasaan teknnik dasar permaninan sepak bola pada siswa kelas V-C  semester I SDN Kepuhkiriman I Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo? Metode penampilan adalah berbentuk pelaksanaan praktik oleh siswa di bawah bimbingan dari dekat oleh pengajar. Praktik tersebut dilaksanakan atas dasar penjelasan atau penampilan yang diterima atau diamati siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V-C SDN Kepuhkiriman I  Tahun Pelajaran  2016/2017 dari data yang diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi.Bahwa dengan metode penampilan dapat meningkatakan hasil belajar penjasorkes materi penguasaan tekinik dasar permaianan sepak bola pada siswa kelas V-C SDN Kepuhkiriman I Kecamatan Warau Kabupaten Sidoarjo tahun poelajaran 2016/2017, hal nin dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (60,71%), siklus II (78,57%), dan siklus III (89,29%).


Full Text:

PDF

References


Berg, Euwe Vd. (2013). Miskonsepsi Bahasa Indonesia dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 2013. Model of teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Masriyah. 2014. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2013 Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2008. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2010. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Slamet. 2015. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan . Jakarta: PT. Rineksa Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.