IMPLEMENTASI TELEGRAM BOT API UNTUK INFORMASI KEHADIRAN SISWA DI SEKOLAH

Tholib Hariono, Moh. Anshori Aris Widya

Abstract


Informasi kehadiran siswa saat ini penting diketahui oleh orang tua untuk mengetahui siswa membolos atau tidak. Pemantauan siswa yang membolos tidaklah mudah karena dibutuhkan komunikasi rutin antara orang tua dengan pihak sekolah. Banyak siswa yang pamit kepada orang tuanya berangkat ke sekolah, namun kenyataannya siswa tersebut membolos atau datang terlambat. Informasi kehadiran siswa jarang sekali sampai kepada orang tua hal ini dikarenakan sistem kehadiran di sekolah masih dilakukan manual atau sistem kehadiran dilakukan menggunakan teknologi fingerprint, tetapi tidak ada fasilitas interaksi dengan orang tua, sehingga informasi kehadiran siswa tidak bisa langsung diketahui oleh orang tua. Penelitian ini mengembangkan sistem kehadiran siswa dengan aplikasi messenger telegram untuk mengirimkan laporan kehadiran siswa di sekolah kepada orang tua sesaat setelah siswa melakukan kehadiran melalui fingerprint. Digunakannya messenger telegram karena memiliki fasilitas bot api yang memungkinkan pengiriman pesan dilakukan melalui integrasi dengan software lain. Hasil penelitian menunjukkan pengiriman informasi kehadiran siswa melalui bot telegram dapat berjalan dengan baik dalam waktu hitungan detik. Kecepatan dalam memperoleh informasi kehadiran siswa inilah diharapkan dapat mengantisipasi siswa yang membolos karena dapat diketahui secara dini.

 

Kata kunci:Telegram Bot Api, Fingerprint, Kehadiran Siswa.



Full Text:

PDF

References


Hanif Al Fatta., 2007, Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, Yogyakarta: ANDI Offset.

O’Brian, James A., 2005, Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial, McGraw-Hill Irwin, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta

Sharma, N., 2013, Push Technology – Long Polling, International Journal of Computer Science and Management Research Vol 2 Issue, 5 May 2013.

Soliman, A, and Salem, M.S., 2014, Investigating Intention to Use Mobile Instant Messenger: The Influence of Sociability, Self-Expressiveness, and Enjoyment, King Saud University, Riyadh.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.